movies like free fire

movies like free fire

Ujian Nasional Yang termasuk golongan negara determinis dalam kajian geopolitik adalah

Yang termasuk golongan negara determinis dalam kajian geopolitik adalah

Jawaban:

Contoh negara determinis adalah Korea Utara, yang letaknya diapit Korea Selatan yang pro AS dan China serta Rusia. Namun, Korea Utara lebih dekat dengan China dalam kebijakan politiknya. Contoh lainnya adalah Jepang, yang kebijakan politiknya selalu berusaha menyeimbangkan kepentingan kawasan Asia Timur karena berdekatan dengan China dan Korea Selatan yang pro AS namun juga tidak terlalu frontal dengan Rusia.

Penjelasan:

Dalam geopolitik, ada dua bentuk negara, yaitu determinis dan posibilitas.

-Negara Determinis adalah negara yang letak geografisnya berpengaruh dengan peta politik negara tersebut. Negara ini biasanya terletak diantara atau bahkan diapit negara-negara besar dan adikuasa sehingga kebijakan politik mereka sedikit banyak terpengaruh atau menyesuaikan dengan negara tetangganya. Contoh negara determinis adalah Korea Utara, yang letaknya diapit Korea Selatan yang pro AS dan China serta Rusia. Namun, Korea Utara lebih dekat dengan China dalam kebijakan politiknya. Contoh lainnya adalah Jepang, yang kebijakan politiknya selalu berusaha menyeimbangkan kepentingan kawasan Asia Timur karena berdekatan dengan China dan Korea Selatan yang pro AS namun juga tidak terlalu frontal dengan Rusia.

-Negara posibilitas adalah negara yang tidak terpengaruh oleh berbagai kekuatan politik di sekitarnya atau yang berdekatan secara geografis. Negara ini biasanya hanya bersinggungan dengan hal-hal yang tidak krusial dalam hubungan internasional seperti budaya, sosial atau teknologi.Contoh negara ini adalah Denmark yang walaupun secara geografis dekat dengan Inggris dan berdekatan dengan Jerman, negara tersebut tidak berminat membangun kekuatan politik pro AS atau berperan penting dalam Euro.

[answer.2.content]